Selasa, 27 Februari 2018

Tenzing Norgay dapat jadi teladan bagi para guru

Tenzing Norgay dapat jadi teladan bagi para guru ...

Sir Edmund Hillary adalah orang pertama di dunia yang berhasil mencapai puncak gunung tertinggi dunia (Puncak Gunung Everest). Namun sesungguhnya di balik kisah sukses Sir Edmund Hillary ada seorang yang bernama Tenzing Norgay.

Tenzing Norgay adalah seorang penduduk asli Nepal yang bekerja sebagai pemandu bagi para pendaki gunung yang berniat untuk mendaki gunung Everest. Tenzing Norgay menjadi pemandu (orang nepal menyebutnya Sherpa) bagi beberapa kelompok orang yag sudah mencoba mendaki mount Everest termasuk Sir Edmund Hillary.

Pada tanggal 29 Mei 1953 jam 11.30, Sir Edmund Hillary berhasil menaklukkan Puncak Gunung Tertinggi Everest pada ketinggian 29,028 kaki diatas permukaan laut dan menjadi orang pertama didunia yang mencapai puncak Everest. Karena keberhasilannya, Sir Edmund Hillary mendapatkan gelar kebangsawanan dari Ratu Inggris yang baru saja dilantik saat itu Ratu Elizabeth II dan menjadi orang yang paling dikenal di seluruh dunia.

Namun dibalik keberhasilan itu ternyata ada seorang Tenzing Norgay yang memiliki peran sangat besar ...

Tenzing Norgay tidak menjadi terkenal dan juga tidak mendapatkan semua yang didapatkan oleh Sir Edmund Hillary padahal ia adalah sang pemandu yang menentukan keberhasilan Hillary mencapai Puncak Mount Everest dan seharusnya ia dapat menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Mount Everest ... Bukannya Sir Edmund Hillary ...

Setelah Sir Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay kembali dari puncak Mount Everest, hampir semua reporter dunia berebut mewawancarai Sir Edmund Hillary, dan hanya ada satu reporter yang mewawancarai Tenzing Norgay ...

Berikut cuplikan wawancaranya :

Reporter : Bagaimana perasaan Anda dengan keberhasilan menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia?

Tenzing Norgay : Sangat senang sekali!

Reporter : Bukankah anda seorang Sherpa (pemandu) bagi Edmund Hillary? Tentunya posisi Anda berada di depan dia, sehingga seharusnya Anda yang menjadi orang pertama yang menjejakkan kaki di puncak Mount Everest?

Tenzing Norgay : Ya, benar sekali, pada saat tinggal satu langkah mencapai puncak, saya persilakan dia (Edmund Hillary) untuk menjejakkan kakinya dan menjadi orang pertama di dunia yang berhasil menaklukkan Puncak Gunung Tertinggi di dunia ini.

Reporter : Mengapa Anda lakukan itu?

Tenzing Norgay : Karena itu adalah impian Edmund Hillary, bukan impian saya…..

Impian saya adalah : " membantu dan mengantarkan dia (Edmund Hillary) meraih impiannya " ...

Moral kisah ini : *Spirit pak Tenzing Norgay adalah spirit seorang coach yang cukup bahagia menjadi "orang nomor dua" asalkan muridnya dapat menjadi "orang nomor satu" sebagaimana yang mereka impikan ...*
*Salam Sukses*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar