Jumat, 02 Juni 2017

Fenomena KFC

<i>Zid Notes,​</i>
​<i>Sabtu, 20 Mei 2017​</i> ​<b>Meneladani Kehebatan KFC​</b> Suatu hari Saya makan di KFC cabang Sentul Bogor. Pada sebuah area dinding KFC, sebuah poster wallpaper besar terpampang dengan tulisan : ​<i>&quot;More than 12 million people enjoy the colonels freshly cooked chicken every single day&quot;​</i> Lebih dari ​<b>12 juta orang​</b> menikmati ayam KFC setiap harinya. Begitu kira-kira terjemahannnya. Heheheh... Otak Saya langsung berputar kencang, ​<b>12 juta orang bawa 5$​</b> kurang lebih ke KFC, angkanya sudah ​<b>60 juta dollar​</b>, sudah mencapai 780M sendiri. Jika di rata-rata dengan outlet di luar negeri, tentu per orang bisa lebih dari 10$. Angkanya bisa lebih dari 1 tiriliun rupiah per hari. Ada sebuah brand dunia yang bisa jualan ayam goreng senilai 1 T rupiah lebih per hari. Dahsyat dot com. Sebagai seseorang yang hobi mengajarkan keuangan dan akuntansi untuk UKM, Saya juga senang mengoleksi laporan keuangan terbuka beberapa perusahaan besar di Indonesia. KFC Indonesia berada dalam kendali PT Fast Food Indonesia Tbk. Silakan saja Anda search laporan keuangan KFC 2016. Anda akan banyak belajar bagaimana kehebatan brand ini. Secara berturut-turut, sejak tahun 2012 sampai 2016, KFC mencapai penjualan senilai 3,5 T - 3,9 T - 4,2 T - 4,4 T dan 4,8 T. Jadi, tahun lalu dari ​<b>1 januari 2016 sd 31 desember 2016​</b>, KFC mencapai ​<b>sales sebesar 4,8T​</b>. Dengan ​<b>laba bruto senilai 3 T​</b>. Dahsyat pisan. Pada artikel bisnis dot com 25 januari 2016, total outlet KFC telah mencapai ​<b>540 outlet di seluruh Indonesia​</b>. Hampir merata tertabur diseluruh Indonesia. Saking besarnya penjualan KFC, pada laporan keuangan terbukanya untuk tahun 2015, PT Fast Food Indonesia telah membayar jasa waralaba sebesar ​<b>305 M ke KFC pusat​</b>. Dahsyat again. ***** Angka-angka diatas tentu menunjukkan ​<b>kekokohan organisasi dan bisnis​</b>. Setidaknya ada beberapa poin yang dapat kita teladani dari hebatnya KFC ​<b>1. KFC memiliki keunggulan yang jelas.​</b> Banyak bisnis yang tidak jelas titik kekuatannya. KFC sangat tegas valuenya sedari awal : Fast Food, kami ahlinya ​<b>CEPAT SAJI​</b>. ​<i>Jika Anda mau makan cepat, maka silakan di KFC.​</i> Bahkan value ini dipilih menjadi nama perusahaan yang mendapatkan hak atas KFC Indonesia, namanya ​<b>PT Fast Food Indonesia​</b>. Bener-bener tegas. Padahal kan fast food banyak lho, tapi KFC Indonesia berhasil ambil nama ini.  ​<b>2. KFC berhasil melakukan standardisasi kualitas berdasar area.​</b> Selain berhasil membangun value sebagai makanan cepat saji, KFC juga berhasil melakukan standardisasi rasa dan karakter menu per region.  Setidaknya Saya pernah merasakan KFC di 3 negara : Indonesia, Saudi Arabia dan Australia. Ternyata ketiganya memiliki nilai rasa yang berbeda. Di Indonesia, KFC selalu menyediakan nasi. Tetapi di Saudi, KFC memakai roti. Di Melbourne, KFC berfokus pada kentang. Hahahaha.. macem-macem juga rasanya. Nampak KFC menyesuaikan menu nya dengan lidah masing-masing penduduk. ​<b>3. KFC berhasil membangun kanal distribusi.​</b> Saya sudah menyinggungnya diatas, jika jumlah kota dan kabupaten di Indonesia berada diaekitar 400an titik, maka, jumlah outlet KFC sudah setara dengan jumlah kota dan kabupaten yang ada di Indonesia. Mungkin hari ini sudah hampir 600 outlet. Hanya nebak. Dalam sebuah artikel, Saya bahkan menemukan informasi bahwa KFC akan membuka ​<b>KFC Box​</b>, dimana KFC akan memperkecil outletnya, dengan menyedikitkan meja untuk dine in, dan berfokus ​<b>memperkuat kanal delivery​</b> atau pesan antar. Tentu penjualan dan daya jangkaunya akan lebih sadis. Maka nampaknya, KFC akan hadir di setiap kecamatan yang ada di negeri ini. Ini namanya penguasaan kanal. 4,8T tidaklah mungkin dicapai dengan kanal yang lemah. Silakan direnungi. Ndak lama lagi bisa 10T per tahun. Hehehehe... ​<b>4. KFC berhasil melakukan inovasi.​</b> Jika kita menyimak KFC, outlet KFC selalu berinovasi, baik dalam sajian menu, bentuk outlet, hingga berbagai layanan yang ada. Beberapa titik KFC sudah beroperasi ​<b>selama 24 jam​</b>. Setiap pagi bahkan menyediakan menu sarapan. KFC juga membangun ​<b>cafe​</b>, dimana kopi dan donat menjadi sajian utama. KFC pun telah memancang unit KFC catering untuk acara-acara seperti ​<b>arisan dan ulang tahun​</b> di rumah-rumah Anda. Semua layanan digarap sama KFC. Belum lagi penjualan CD, dimana mungkin KFC adalah kanal ​<b>penjualan CD music​</b> terbesar. ​<b>5. KFC berhasil meluaskan segmen pasar.​</b> Awalnya KFC menyasar segmen keluarga, namun jika kita melihat promo-promo KFC hari ini, sangat jelas kita melihat visual anak muda sebagai target baru KFC. Market baru anak muda yang menyeruak ini berhasil digarap oleh KFC. Luar biasa. ***** Sahabat, semoga kita bisa belajar dari kebaikan KFC. Semoga KFC berjaya dan terus bertumbuh di Indonesia. Mari kita berjuang untuk ​<b>meneladani dan mencontoh​</b> apa-apa yang baik dari KFC. Hatur nuhun... terima kasih telah membaca... semoga bergetar... hahahahaha... ​<b>Rendy Saputra​</b> Penikmat Ayam Goreng Silakan ajak sahabat Anda untuk berlangganan tulisan Kang Rendy dengan mengirimkan nama dan domisili via WA ke 081288407094.

Sent from my BlackBerry 10 smartphone on the Indosat network.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar